Layanan Pertanahan

Berita

Tautan Luar

Wednesday, November 28, 2012

“ONE DAY SERVICE” LARASITA

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4

“ONE DAY SERVICE” LARASITA

KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN PANDEGLANG 

 I.      Sosialisasi

Sosialisasi “One Day Service” Larasita dilaksanakan di desa Teluk, Kecamatan Labuan pada hari Minggu tanggal 04 November 2012 bertempat di Masjid “AT TAQWA” di Lingkungan Wilayah RW. 06, Komplek Perumahan Cipunten Agung, sekitar 1 (satu) jam tempuh dari Kantor Pertanahan Kabupaten Pandeglang.

Sosialisasi ini dihadiri oleh 63 warga perumahan “Cipunten Agung” termasuk Ketu RW.06 dan seluruh Ketua RT, serta aparat Desa Teluk dan staf dari Kecamatan Labuan.

Sosialisasi “One Day Service” Larasita bertujuan untuk menyampaikan informasi mengenai jenis pelayanan pertanahan yang akan diberikan kepada masyarakat serta syarat-syarat yang harus dipenuhi, agar pelayanan dapat diselesaikan dalam 1 (satu) hari melalui mobil Larasita.

Jenis pelayanan yang akan diselesaikan dalam 1 (satu) hari meliputi : a). Perubahan Hak (dari Hak Guna Bangunan menjadi Hak Milik), b). Peralihan Hak (balik nama), c). Penghapusan Hak Tanggungan (Roya), d). Pengecekan Sertipikat Hak Atas Tanah.

Selain menyampaikan persyaratan sesuai dengan jenis pelayanan, warga juga dimohon untuk mengisi formulir permohonan yang telah disediakan.

Dalam hal pelayanan Peralihan Hak (balik nama), ada diantara warga yang kesulitan mengurus Akta Jual Beli karena pemilik Pertama umumnya sudah sulit ditemui, oleh tim “One Day Service” Larasita disarankan agar warga memohon surat Penetapan dari Pengadilan Negeri untuk proses Peralihan Haknya. 

II.  Pelaksanaan

Pelaksanaan “One Day Service” Larasita dilaksanakan pada tanggal 06 November 2012 bertempat di Yayasan “Bahari Purna Karya” yaitu Yayasan Pembinaan tuna daksa di komplek perumahan “Cipunten Agung” wilayah RW.06 Desa Teluk Kecamatan Labuan. Antusias warga cukup menggembirakan, terbukti dengan hadirnya 96 orang yang ikut mendaftarkan berkas permohonan.

Pelayanan “One Day Service” Larasita dilaksanakan dalam 2 (dua) tahap. Tahap Pertama dimulai pukul 09:00 s.d 11:30 dan tahap kedua pada pukul 13:00 s.d 15:00. Disampaikan pula kepada warga masyarakat bahwa makna “One Day Service”  adalah pelayanan pertanahan dengan durasi waktu jam kerjanya yakni 8 (delapan) jam, jka permohonan pada pukul 14:00, maka penyelesaiannya pada pagi esok hari.

Dari 96 warga yang mendaftar, 80 orang warga memunuhi syarat untuk pelayanan Perubahan Hak (dari HGB menjadi HM), sedangkan 16 warga belum dapat dilayani karena masih ada kekurangan persyaratan yaitu Bukti Peralihan Hak, Bukti Pajak (BPHTB dan PPh). Sebanyak 80 berkas yang memenuhi syarat, semuanya dapat diselesaikan dan diserahkan langsung kepada yang bersangkutan pada hari itu juga. Untuk acara simbolis ditunjuk 4 (empat) orang warga yang menerima langsung penyelesaian pelayanan sehari untuk pelayanan Perubahan Hak (dari Hak Guna Bangunan menjadi Hak Milik) oleh Bapak Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Banten, Bapak JAMALUDIN,SH.,M.Hum.

Kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan dari Desa ke Desa, semoga kegiatan ini dapat meningkatkan rasa percaya masyarakat terhadap Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia (BPN RI) kita tercinta.

“Viva” BPN Pandeglang